Peliharalah Lidahmu!!!!. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS
Container Icon

Kasus Genderisasi



Ada Saja Dosen yang Menganggap
Mahasiswa itu Lebih Unggul dibanding Mahasisiwi


Telah kita ketahui bersama bahwa permasalahan gender itu muncul akibat kasus ketidakadilan. Salah satunya adalah yang terjadi di bidang pendidikan khususnya jenjang perguruan tinggi.
Sebagian dosen ada yang lebih mendahulukan /mengutamakan mahasiswa dibanding mahasisiwi. Beberapa dosen beranggapan bahwa mahasisiwa itu dirasa lebih faham atau lebih menguasai materi perkuliahan dan lebih cepat tanggap dalam mengkritisi suatu permasalahan. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, mahasiswi itu lebih peka dalam menkritisi suatu masalah. Perbedaannya hanya terletak pada mental dan kepedean.
Dalam perdebatan, mahasisiwa itu selalu terlihat lebih aktif karena memang latar belakang lelaki itu mengedepankan individualnya, tak memperdulikan apapun yang akan diucapkan itu dapat  diterima kevalidan pendapatnya atau tidak, sekaligus kurang memperdulikan perasaan orang lain saat sesi penyangkalan atau penyanggahan.
Dibandingkan kaum hawa yang sebenarnya juga mampu berpikir kritis sebagaimana pemikiran kritis para kaum adam. Namun kendalanya, mereka itu terlalu jauh memikirkan resiko sebelum sempat pendapatnya itu diluapkan. Kaum hawa cenderung kurang pede dan selalu merendahkan diri jikalau pendapatnya itu takut malah lebih menyesatkan atau sulit dipahami, dan lebih mengedepankan perasaannya (takut menyakiti perasaan orang lain disebabkan pendapatnya itu). Itulah yang menyebabkan bahwa mahasiswi itu terlihat kurang begitu aktif dibanding mahasiswa.
Jadi, seharusnya para dosen itu juga dituntut aktif perihal perhatiannya terhadap para mahasiswinya, serta harus lebih mengutamakan keadilan atau keseimbangan dalam memberikan kesempatan mengemukakan pendapat agar mahasisiwi itu bisa lebih terlihat aktif.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: